Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘creativity and innovation’ Category

IDEO Untitled adalah sebuah perusahaan yang terletak di California US yang bergerak di bidang industri dan desain. Perusahaan ini sagat terkenal dengan desainnya yang kreatif dan mengerti kebutuhan pasar. IDEO telah mendesain beberapa produk seperti Apple’s first mouse, Microsoft’s second mouse, the Palm V PDA, dan Steelcase’s Leap chair.

Dalam menciptakan sebuah desain produk untuk pasar, IDEO melakukan research langsung ke lapangan untuk mengamati tingkah laku orang. Apa yang mereka suka dan tidak suka, apa yang membuat orang senang atau sedih, apa yang sedang menjadi trend mereka saat ini, dan yang terpenting adalah mencari apa kebutuhan mereka yang belum dapat terpenuhi oleh produk & jasa yang tersedia saat ini. Dengan terjun langsung di kehidupan nyata, IDEO dapat menemukan inspirasi untuk menciptakan desain-desain yang bukan hanya kreatif tapi juga dapat memudahkan dan memenuhi kebutuhan banyak orang. Keterlibatan panca indera merupakan hal penting bagi IDEO dalam mendapatkan inspirasi. Ide-ide baru akan muncul dengan melihat, mendengar, mencium, bahkan meraba di dalam kehidupan nyata. Dengan melibatkan panca indera secara langsung pada kehidupan riil, IDEO juga menemukan emosi dan motivasi manusia yang melandasi mereka dalam pemilihan produk dan jasa. IDEO berusaha menerapkan prinsip “pasar mencari produk” yang diharapkan desain-desain IDEO tidak mati oleh trend sesaat karena consumer menggunakan produk tersebut atas dasar kebutuhan. Tidak seperti perusahaan kreatif lainnya yang menganut sistem “produk mencari pasar”, di mana produk berusaha mencari apa yang sedang trend dan berkembang di masyarakat.
diagram

Dalam pencarian ide, IDEO mencoba menggabungkan nilai seni, bisnis, teknologi, dan kebutuhan manusia. For IDEO, design thinking means problem solving that uses design methodologies to tap into a deep reservoir of opportunity. IDEO mencoba untuk menerjemahkan imajinasi para consumer ke dalam desain produknya. Setiap desain IDEO memiliki keunggulan masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan trend masyarakat saat ini. IDEO mengamati detail tujuan dan manfaat dari produk yang akan desain, dengan begitu IDEO dapat total menciptakan desain yang stylish, kreatif dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

IDEO dan Peek mengadakan kerjasama untuk menciptakan sebuah handphone yang memiliki akses tidak terbatas untuk mengirim email. Hasilnya adalah sebuah gadget yang stylish, ringan, dengan harga terjangkau. IDEO menciptakan handphone dengan desain layar lebar (2.5 inches) with high-contrast display, keyboard and a scroll untuk memudahkan pengguna dalam membaca email, keypad menggunakan bahan karet yang halus untuk memepermudah mengetik, dan body yang sangat tipis 10mm dengan berat 3.8 ounces. (For comparison’s sake, an iPhone is 25 percent thicker, and a Blackberry is nearly 2 ounces heavier.) Ketika menggunakan handphone iniuntuk mengirim email , consumers akan hemat 97% electricity daripada mengirim email menggunakan PC.
peek
Time magazine menobatkan produk ini sebagai the best inventions of 2008. Forbes menobatkan sebagai “Gadget We Crave.” dan Wired magazine gave it top ranking in its gear that helped them forget the year’s economic downturn.

IDEO juga sangat aware dengan masalah lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan beberapa desain IDEO yang ramah lingkungan, seperti botol shampo dan tas belanja. IDEO mendesain tas belanja yang simple, sederhana, namun tetap stylish dengan memberi packaging seperti gambar di bawah ini.
shopping bag
IDEO berhasil mengurangi anggaran San Fransisco yang besarnya US$ 8,5 million hanya untuk mengatasi masalah plastik.

Satu lagi desain unik dari IDEO adalah printing pringless. Produk ini terbukti laku keras di pasaran karena consumers are getting fun with the message in every chips so they can express their feeling with different way.
kentang

Read Full Post »

mau tau tempat makan seafood yang murah, enak dan cozy di bandung???

d’cost

saya ama temen2 sering banget makan di sini
berhubung kita adalah anak kos yang sedang menuntut ilmu di Bandung
pengennya makan yang murah tapi enak,hehe d’cost salah satu pilihannya
udah gitu restoran yang terletak di Jalan Sukajadi No.197 ini lumayan dekat dengan kampus tercinta kita,hanya dengan menempuh waktu 20menit saja dari ITB

saya suka banget ama tagline d’cost

“mutu bintang lima, harga kaki lima”

dcost

saya pernah belajar marketing, dan tau banget gimana ribetnya bikin tagline yang menunjukkan kelebihan dari perusahaan kita, tapi harus mudah dimengerti orang.nah tagline d’cost nih dapat banget, simple dan mudah dimengerti banyak orang

menu yang ditawarkan d’cost beragam, mulai dari aneka olahan cumi, udang, ikan, kerang, bahkan nasi goreng, ayam goreng dan bakmie pun ikut menghiasi menu d’cost.
d’cost menawarkan beberapa macam saus seperti saus padang, cabe garam, mayonneise, saus mentega, saus lada hitam, saus telur asin, dan masih banyak lagi.
beberapa macam saus itu akan menambah kelezatan, para pengunjung tinggal memilih saus dan seafood yang mereka inginkan

menu favorit saya adalah CUMI CABE GARAM, UDANG SAUS PADANG, TEMPE BAKAR, dan SAMBAL TERASI
top markotop abis…
saya bisa makan pake 2 piring nasi tuh..

cumi cabe garam adalah cumi yang digoreng dengan tepung dan diberi taburan bumbu kering yang gurih dan pedas
sedangkan udang saus padang sangat cocok bagi mereka yang suka pedas, olahan makanan modern dengan bumbu tradisional padang

menu

dan fyi,kita cuma perlu bayar 1 piring nasi per kepala yang harganya Rp.1000 dan pelanggan gratis tambah nasi sepuasnya
udah gitu harga es teh manis cuma Rp.500, murah banget kan??
makan di warteg aja, harga nasi masih Rp.2000 dan harga es teh manis Rp.1.500
warteg ternyata masih kalah murah dengan d’cost,hehe

selain menu favorit di atas
perlu juga nyobain PATIN CABE GARAM dan BAKMIE GORENG SEAFOOD
ikan patin yang digoreng dengan tepung dan diberi bumbu kering, rasanya yang gurih dan sedikit pedas membuat orang ketagihan
sedangkan bakmie goreng seafood dengan porsinya yang cukup besar dan taburan macam-macam seafood dan ayam sangat menggoda selera

d’cost restoran memiliki ruangan yang cukup besar dan dapat menampung sekitar 200 orang, dengan tempat yang cukup cozy
maka dari itu d’cost sering dipilih menjadi tempat pertemuan seperti reuni, buka bersama, bahkan rapat yang tidak formal

d’cost juga cukup cepat dalam penyajian makanan
pengunjung tidak perlu menunggu lama hingga pesanannya tiba
para pelayan d’cost pun cukup sigap dan ramah dalam melayani pelanggan
tidak seperti restoran seafood yang pada umumnya memerlukan waktu cukup lama untuk menyajikan makanan

sayangnya, menu minuman yang ditawarkan d’cost kurang beragam
pengunjung hanya ditawarkan anaeka jus, teh, soft drink dan kelapa muda

saya juga pernah nyoba makan di d’cost denpasar bali
dari segi tempat dan pelayanan memang tidak terlalu beda dengan yang d bandung
namun, saya agak kecewa dengan rasa makanan yang disajikan
saya pesen menu yang sering gw pesen di d’cost bandung tapi rasa masakannya lebih enak d’cost bandung
tapi tetap aja saya lahap habis tuh makanan,hehehe

ayooo yang belum pernah makan di d’cost, coba datang k sini
very recommended..

makanan : 8.5/10

harga : 9/10

pelayanan : 9/10

tempat : 8/10

keseluruhan : 8.5/10

Read Full Post »

UP movie

sekarang gw mau nyoba review movie ah…

kali ini gw akan review tentang film UP
UP adalah sebuah film kartun garapan Walt Disney Pictures dan Pixar Animation Studio yang merupakan dua perusahaan animasi terbesar di dunia

cover

UP menceritakan tentang sebuah kehidupan seorang kakek bernama Carl Fredricksen yang berusahamemenuhi mimpi istrinya (Ellie) yang ingin pergi ke Air Terjun Paradise di Tepui, Amerika Selatan. Tidak mudah bagi mereka berdua untuk mewujudkan mimpinya karena Carl hanya seorang penjual balon gas, sedangkan Ellie hanya seorang penjaga kebun binatang. Bersama-sama, mereka giat menabung untuk bisa pergi ke air terjun Paradise. Ketika tabungan Carl telah cukup untuk membawa mereka berdua pergi ke air terjun Paradise, sayangnya takdir berkata lain karena Ellie keburu meninggal. Kematian Ellie membuat Carl sangat terpukul.

Semenjak itu Carl sangat tertutup, ia bertengkar dengan salah satu pekerja industri yang membuatnya harus pindah ke panti jompo. Akhirnya Carl berusaha melarikan diri dengan menerbangkan rumahnya dengan 10.000 balon gas. Ia berencana untuk membawa rumahnya yang penuh dengan kenangan bersama Ellie ke air terjun Paradise, tempat impiannya bersama Ellie. Ternyata, seorang anak pramuka bernama Rusell yang sedang mencari lencana “membantu orang tua” ikut terbang bersamanya karena bersembunyi di teras rumah Carl. Mereka berdua pun memulai petualangan seru menuju air terjun Paradise.

rumah

Di tengah perjalanan, Carl bertemu dengan Charles Muntz yang merupakan tokoh idolanya dan Ellie. Muntz memiliki niat buruk untuk membawa paksa burung raksasa dengan bulu warna-warni yang akan dijadikannya bukti kepada publik akan penelitiannya.

burung

Di sini, Carl mengalami kebingungan apakah dia harus membantu Rusell untuk menyelamatkan burung raksasa warna-warni dari keserakahan Muntz, ataukah dia melanjutkan impiannya untuk membawa rumahnya dan Ellie ke air terjun Paradise.

Akhirnya dengan kegigihannya, Carl memilih untuk membantu Rusell menyelamatkan si burung raksasa sehingga dia harus kehilangan rumahnya.
tapi di akhir cerita,rumah Carl dan Ellie dengan mulusnya mendarat di air terjun Paradise, wow….

kenapa gw mengangkat film up ini?
karena film UP memiliki konsep cerita yang sederhana dan mudah dimengerti.
sang sutradara berhasil membawa cerita ini mudah untuk dinikmati semua umur bahkan membawa emosi penonton naik turun dengan visual grafis yang ok.
gambaran tentang betapa Carl mencintai istrinya, keluguan Rusell sebagai seorang anak kecil, bahkan kesedihan Carl ketika kehilangan istrinya dapat terlukis jelas dari desain visualnya

i give four thumbs up for walt disney and pixar animation collaboration
visual grafis yang disajikan dengan format 3D keren banget,apalagi ketika menggambarkan tokoh Rusell yang gendut dengan pipi merahnya.semua penonton pasti jatuh cinta dengan keluguan dan kepolosan bocah yang diwakili Rusell.

gendut

musik yang dipilih dalam setiap scene juga cukup membuat penonton terbawa suasana.gw sebagai penonton berasa ikutan ada di dalam film yang bikin gw ga kerasa nonton film dengan durasi 96 menit ini.

dan yang paling gw suka dari film ini adalah pesan moralnya
film yang menceritakan tentang perjuangan seseorang untuk meraih mimpinya,walaupun sangat tidak mudah untuk meraih mimpi itu tapi if there is a will, there is a way
dan yang gw salut lagi,film ini mengajarkan bahwa akan selalu ada buah manis dari sebuah pengorbanan. Carl yang harus kehilangan rumah dan kenangan bersama istrinya demi menyelamatkan burung raksasa, tetapi dia mendapatkan sesuatu yang lebih indah dari pengorbanannya itu.

Cerita :8.5/10

Visual :10/10

Musik :9/10

Film :9/10

Read Full Post »

it has been 2 days since my holiday comes…
I DO LOOVEE HOLIDAY because i can go everywhere for refreshing my mind
but,I cannot go anywhere in this holiday because of fasting time
so i just stay at home, spend my day with watching TV and browsing internet

suddenly, i remember when my lecture Mr.Benjon (he thought us at Performance Art subject) told his opinion about the definition of the most innovation channel TV.
he said that the most innovation TV channel is the channel which has any programs that are followed by other channels

then I think that Trans TV is still the most innovative TV channel…

i made that conclusion because of some reasons..
Trans is younger enough than other channels
(as usual,new TV channel will create programs with the concept comes from the success of older TV channel with good rating. therefore, new TV channel usually create sinetron or infotainment program)
but Trans has different and more innovative programs than those older TV channels
Trans has been succeeded to create programs and achieve good rating
even,other TV channels create programs that have the same concept with Trans does

here are some Trans programs :
(beberapa program yg gw sebutin ini kayaknya termasuk program andalnnya Trans,dan gw menemukan beberapa acara TV lain yg niru konsep dari acara2 ini)

1. Termehek-mehek
Several months ago, termehek-mehek become the most popular TV program based on Panasonic Award 2009. Termehek-mehek is reality show that help the clients to find the person whom they are looking for. There were so contingency situation in this program, the audiences were offered the dramatic fact about someone’s life. Since this program has good rating, other TV channels try to create reality show that have the same concept with Termehek-mehek.

mehek-

2. Wisata Kuliner
Wisata Kuliner has not been on TV anymore, but this program are very famous. Wisata Kuliner told about the experience of Bondan Winarno when he come to restaurants all around the world. The culinary program on TV has got the attention back from the audiences. and as usual, many TV channels try to create culinary program to compete Wisata Kuliner’s rating

wiskul

3. Reportase Sore
It is a news program from Trans, like the other news programs. but Reportase Sore offers the difference because this programs arrange investigation session, named Reportase Investigasi which investigate the hidden fact. Reportase Investigasi has ever investigate about ayam tiren, daging berformalin, komplotan bajing loncat, pencuri rumah yang ditinggal pemiliknya selama lebaran, and many more. I think Reportase Sore is enough innovative because they are brave to lay open the fact from the scandalists in order to make people know the reality.

4. Bioskop Trans TV
People can enjoy Bioskop Trans TV everyday from 9pm. This program will serve the audience with box office movie. Trans package this programs like the audience were watching movie iat the cinema, even they are watching TV at home

5. Missing Lyrics
This is one of the new program from Trans. It is a quiz which the participants should answer the question that are elated with the song lyrics. This quiz has good attention from audience, it is approved by the good rating that Missing Lyrics has achieved. Some TV channels create the quiz which the concepts is the same with Missing Lyrics that the participants should answer the question from song lyrics, even they present their programs in the same time with Missing Lyrics.

There are still many innovative Trans’s program, such as Me vs Mom, Jika Aku Menjadi, Penting Ga Penting, Extravaganza, and many more.

Creativity : 9/10

Innovation : 8/10

Quality : 7/10

Read Full Post »

my lecture, Mr. Agus gave us a game

yipppppi
and now, i just want to share about the game

jadi ada 9 titik nih..

DSC01097
gimana caranya supaya 9 titik ini digabungkan dengan HANYA 4 garis dan TIDAK BOLEH terputus????

hayooooo gimana caranya???

jadi gini….

DSC01092

nah terus, gimana caranya gabungin 9 titik ini cuma dengan 1 garis???
hayooooo siapa yg bisa??hehehe

DSC01098

hehe gampang kan,cuma kecilin aja titiknya trus letak titiknya saling didekatin
dan tarik satu garis menggunakan STABILO atau SPIDOL…
hehehehe agak curang sih, tapi kan kreatif 😀

Read Full Post »

based on my opinion, the most innovative product is

HANDPHONE

the reason is so simple..
we can enjoy everything just for one thing,named HANDPHONE
a small thing which can provide million application to make the user become easier

1. phone and SMS
at the beginning, handphone is useful for connecting people (hehe,it just like tag line from a handphone producer)
handphone is only useful for calling people; but about 10 years ago,people should pay enough expensive just for calling someone
then some years after that, handphone provide application named SMS (short message service) which is an application to send text message from one handphone to the other ones. the fee of sending a SMS is cheap enough, then handphone become more popular because of SMS application…

dulu

2. Entertaiment phone
in the early 2000, handphone is not only useful for communication
some companies try to create new innovation by providing entertainment in a handphone
they create camera phone, mp3 music, and radio to be enjoyed in a handphone
and it has been successful to attract market

camera

music

3. TV phone
handphone innovation doesn’t just stop by providing music and photo picture
some china products offers market with new technology which is TV handphone
people can watch TV from handphone
those products also provide music and camera phone, so people can get several entertainment which are camera photo, m3 players and enjoy watching TV from handphone
however, this phenomenon didn’t happen for long time in the market. it may be caused by the quality from china products that are not good enough

TV

4. Internet phone
about a year ago…
when many people are addicted to social networking in internet
producers of handphone take this opportunity by producing handphone that can facilitate the users by internet facility

internet

producers of handphone also offers touch screen to make the users become easier, and of course the handphone become more elegant
iPhone is one of touch screen handphone that offer innovative application

iphone

besides that, PDA (personal digital assistant) is a thing that have function like handphone. PDA has much more benefits than handphone because PDA can runs like computer. People can type word document or calculate the data by using excel, it is very useful for business people
once again, PDA has proved that handphone always have new innovation

pda

Read Full Post »

aaaaaarrrrghhh…..
udah satu minggu trackball bb gw ga bisa di kebawahin
sumpah aneh bgt, dia bisa ke atas, ke kanan, ke kiri tp dia gbsa di kebawahin
bikin gw jadi gemes tingkat dewa…

akhirnya gw bawa itu bb ke bec buat direparasi

sesampainya di bec,gw langsung ke toko tempat gw bli bb

okke : mbak, ini kenapa ya trackball saya koq gbsa dikebawahin??
mba toko : wah, ini rusak mba. harus dibawa ke tempat garansinya, tp pake garansi jakarta ya???
okke : ooo ya udah mba,gpp bwa aja ke garansinya.
mba toko : tapi bisa 2-3 bulan lg mba baru selesai, kan mau lebaran
okke : ASTAGA, lama amat mbaa…
mba tok : iyaaa kan mau lebaran..
okke : ya udah deh mba, saya bawa ke tempat lain aja dlu ya, makasih mba…

dan pergilah gw ke toko2 yg lain
hampir 1 BEC gw kelilingin dan jwaban mreka sama
“ini trackballnya harus diganti mba”
kalo trackball diganti, berarti lepas segel yg berarti garansinya abis
rugi bgt dong gw, pdahal garansinya masih ada 9bulan tuh…
lagian gw yakin bukan trackballnya yg rusak,kalo trackballnya rusak dia ga mungkin bisa ke atas samping kan???
gw yakin ada sesuatu yg nyangkut di celah trackball itu..

akhirnya dengan lemes dan gundah gulana gw keluar dari BEC
ya Allah sumpah BB rusak tuh kayak diputusin pacar deh (*hehe lebay)

besoknya di kampus..
gw berkoar-koar ama tmen gw yg pake bb juga
kata mereka itu udah biasa klo trackball bb error
trus mreka nyaranin macem2…
ada yg nyuruh bwt trackballnya dikasih pake parfum,
ada juga yg blg pake pembersih layar monitor..
semua cara itu udah gw coba
dan GA ADA YANG BERHASIL….

akhirnya tadi malam gw penasaran…
gw korek2 itu trackball pake jarum pentul
ternyata banyak debu2 gitu dicelah2 trackballnya
dengan sangat hati2 dan sabar, gw korek2 itu trackball, gw keluarin kotoran2nyaaa…

baru

dan…
ALHAMDULILLAH..
dia mau ke bwah lagi
uaaa seneng bgt…
yippppiiii akhirnya trackballnya bisa ke bawah lagi

gw lgsung post staus di fb “Prisca telah berkutat dengan trackball yg gbsa dikebawahin, dan ALHAMDULILLAH sekali setelah malam ini berkutat kembali nyolok2 trackball pake jarum pentul,akhirnya trackballnya bisa ke bawah lagi”

ada beberapa temen gw yg comment’in status fb itu
ternyata beberapa di antara mereka juga ada yg macet trackballnya
trus mereka nyoba cara gw bwt nyolok2 celah trackballnya pake jarum pentul..
dan mereka BERHASIL…..

hehehe double senang deh…
seneng gara2 trackball gw udah bener
dan seneng gr2 cara bodoh gw berguna buat org lain 🙂

ini termasuk inovasi bukan sih??
benerin trackball pake jarum pentul

Read Full Post »

Older Posts »